Minggu, 28 Oktober 2012

OLAH NAFAS

ARTI DAN HAKIKATNYA:
Pernafasan atau bernafas adalah suatu pertanda hidup semua makhluk Tuhan. pertanda hidup ini berwujud gerak-mobah-molah oleh yang dinyatakan hidup itu sendiri.
“Bernafas” pada prinsipnya :

§  memasukkan nafas kedalam tubuh dengan jalan menghirup udara bersih berisikan unsur”daya hayati hidup.. Pada hakekatnya adalah menghimpun tenaga/kekuatan tubuh/badan menjadi kuat karena menerima daya hayati hidup (RAHSA) yang dikirim oleh jantung.

§  mengeluarkan nafas dari dalam tubuh dengan jalan menghembuskan udara kotor berisikan unsur-2 daya hayati hidup yang telah digunakan untuk kegiatan-2 tubuh. Pada hakekatnya adalah kehilangan tenaga/kekuatan, tubuh/badan menjadi lemah karena daya kekuatan (RAHSA) ditarik kembali dari seluruh anggota tubuh kejantung.
Dalam hal ini jantung sebgai pusat mahligai hati sanubari berfungsi sebagai penghimpun dan pengatur daya hayati hidup (RAHSA) dalam bentuk tenaga/daya kekuatan. Rahsa ini diangkut oleh darah bersih menyerapi keseluruh anggota tubuh.
Cara mengatur masuk dan keluarnya nafas kedalam tubuh dan dari dalam tubuh secara tepat, teratur, dan terarah serta seimbang dalam bentuk latihan-2 yang berturut turut disebut pula olah nafas.

CARA LATIHAN DAN KEGUNAANYA DALAM OLAH JIWA :
Disni penulis akan sedikit mengajarkan bagaimana praktek cara berlatih pernafasan, namun hanya menjelaskn suasana sikap mental yang baik dan tepat dalam tatacara latihan tersebut.
Dalam hal ini harus dilakukan dengan khidmat, tenang, bebas dan ikhlas, tiada merasa dipaksa dan terpaksa.
Sikap tubuh harus lepas, santai/relax agar mudah daya hayati hidup meresap menyerapi jaringan, sehingga seluruh jasad diserapi RAHSA.
Lakukan dengan tekun dan degan kesungguhan hati serta sabar, tidak lekas merasa bosan.
Jangan tergesa gesa mengharapkan hasil yang banyak, ibarat kita menanam pohon buah buahan, berapa bulan bahkan tahun baru mengenyam hasilnya, itupun kalau kita rajin memeliharanya.

Adapun kegunaannya latihan pernafasan sebagai olah jiwa adalah sbb.:

§  Memupuk dan mpertinggi “stamina” atau daya ketahanan diri pribadi agar dijauhkan dari serangn penyakit dalam (jantung, paru-2 dsb).

§  Memupuk ketenangan dan kesabaran dalam menghadapi segala tantangan hidup, terlatih untuk menguasai diri.
§  Menuntun kita pada “mengenal diri pribadi dan mengantar kita menjadi manusia yang utuh bulat.
§  Memperkuat dan mempertinggi landasan ber “IMAN” untuk mewujudkan “kemanusiaan yang adil dan beradab” disertai ” budi pekerti luhur tahu benar dan salah”.

ADA 5 TEHNIK PERNAFASAN YG AKAN PENULIS SAMPAIKAN
Dari pengalaman penulis selama ini, tenaga dalam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, ditinjau dari cara pembangkitan atau cara pengaktifannya. Pertama, tenaga dalam yang dibangkitkan murni dari teknik pernafasan saja. Teknik pernafasan yang digunakan pun dipecah lagi, ada yang memakai full pernafasan perut, full pernafasan dada, atau kombinasi keduanya yang disesuaikan tingkatan masing-masing perguruan yang meyakini metodenya.

  • Nafas perut disebut juga nafas abdomen bawah. Udara yang dihirup melalui hidung langsung “dikirim” ke perut. Perut pun jadi mengembung atau mengeras sedikit. Nafas dikeluarkan lagi melalui hidung.  Untuk menggambarkan proses ini, dibuatlah skema pernafasan segitiga. Nafas tarik, nafas tahan, dan nafas lepas.
  • Nafas dada adalah kebalikan dari nafas perut. Udara yang dihirup melalui hidung ditahan di rongga dada selama hitungan tertentu, lalu dikeluarkan lewat hidung atau mulut. Kalau dikeluarkan lewat mulut, kadang ada yang mengiringinya sampai berbunyi seperti ngeses.
  • Nafas kubus , di dalam melatih nafas kubus ini juga di perlukan tingkat konsentrasi tinggi ,dengan tujuan untuk menghindari cidera di dalam ber latih.seperti seni pernafasan lainya awal mula kita tarik nafas dengan intonasi hitungan yang sudah di tentukan.di sini penulis akan memberikan ketentuan dengan 7 kali hitungan ( 7 detik ) .dengan langkah sebagai berikut :
                 -tarik nafas halus dengan 7 hitungan di dalam hati
                -simpan di dalam dada dengan 7 hitungan di dalam hati
                -turunkan nafas secara halus dari dada ke perut dengan intonasi 7 hitungan
                -kemudian tahan di perut dengan menggembung kan perut dalam 7 hitungan
Nah dengan melakukan ritme irama turun naik nafas secara konsisten dan teratur ini akan sangat bermanfaat sekali di dalam melatih dan membangkitan potensi tenaga dalam yang berada di dalam tubuh.
  • Nafas kombinasi ,di mana nafas kombinasi ini di lakukan dengan cara hampir sama dengan nafas kubus.Cuma di dalam melakukan nya tidak dengan intonasi se irama.tehnik pengga bungan ke dua nafas ini sebagai berikut.
-Nafas di tarik melalui hidung se banyak kita bias menampung dengan membusung kan dada dan pada saat bersamaan di turun kan ke perut dengan menggembukan perut.setelah itu di tarik lagi nafas tersebut naik ke dalam dada dan di turun kan kembali dengan cepat dan begitu seterus nya .setelah nafas tidak kuat kita tahan kita lepas kan kembali melalu mulut dengan mendesis.atur nafas kembali dan lakukan lagi sampai beberapa kali.
  • Dan yang terakir akan kita bahas ada lah nafas kedut perut.di mana hampir semua pesilat dan ahli tenaga dalam sudah mengetahui apa guna dari melatih seni nafas kedut perut.
Dengan kita sering melatih seni pernafasan kedut perut ini ,akan membawa dapak yang sangat luar biasa kepada orang yg sering melatih nafas kedut perut ini .di antara manfaat nya adalah : - Sanggup melontarkan orang meski tanpa gerak dan tanpa harus memukul.
                       -Sanggup menjatuh kan orang dari jarak jauh yang sedang berselisih atau pun           bisa mengadu dua orang yang sedang berselisih,dan juga bisa memisahkan dua orang yang sedang berselisih meskipun dari jarak jauh.
                      -Sanggup menarik mundur atau jatuh kan pencuri atau pun pencopet yang berusaha membawa kabur harta kita ataupun milik orang lain.
Sedang melatih nafas kedut perut ini tidak jauh berbeda dengan kita melatih seni pernafasan seperti nafas dada,nafas perut,nafas kubus atau pun nafas gabungan.
Cara melatih nya adalah :
-Tarik nafas melalui hidung simpann di dada sesuai kapasitas kemampuan dada kita menyimpan nafas
-Hentakan dengan keras nafas yang ada di dalam dada tadi dengan keras ke dalam perut dan tahan sesaat.kemudian tarik kembali nafas yg kita tadi hentakan ke perut naik kembali ke dada .tunggu beberapa saat lalu hentakan kembali ke perut sampai batas kemampuan kita menahan nafas.dan perlu di ingat jangan sampai padasaat melakukan teknik nafas kedut perut ini nafas bocor,untuk hasil yang optimal.

Manfaat dari seluruh pelatihan olah nafas tersebut sangat lah banyak ,di sini akan penulis sedikit tulisi beberapa manfaat dari pelatihan olah nafas ini.
1.Untuk melipat gandakan energy atau tenaga dalam kita.
Dengan kita secara teratur melakukan seni olah nafas ini maka tenaga dalam yg telah terbangkitkan akan menjadi semakin meningkat atau berlipat.dan sedangkan yang belum terbangkitakan tenaga dalam nya pun dengan metode latihan yang benar akan terbangkitkan pula tenaga dalam nya.
2.Untuk meningkatkan kualitas  stamina.
Khusus nya bagi orang yang memiliki kesibukan eksta atau pun olah ragawan akan memberikan manfaat yang sangat luar biasa besar .karena semakin kuat nafas kita maka stamina yang kita miliki dengan sendiri nya akan sangat luar biasa.tidak cepat lelah ,tidak cepat lesu dan lain sebagainya
3.Pengobatan berbagai macam penyakit .
Khusus untuk pengobatan berbagai macam penyakit di sini kita bisa memanfaat kan seni pernafasan dada.dimana pada saat kita menarik nafas dengungkan di dalam hati lafat ( HU……) sampai batas kemampuan kita menahan nafas di dalam dada.lepas kan dengan lembut melalui mulut dengan lafat (ALLAH….) Di saat menarik nafas tersebut fisualisasikan bahwasanya nafas yang kita tarik masuk ke dalam diri  kita itu mengandung unsur positif.
Dan di saat kita melepaskan nafas kita juga fisualisasikan mebuang semua penyakit atau pun energy negatife yang ada di dalam tubuh kita.
Ada pun beberapa cara untuk melakukan tehnik pernafasan untuk pengobatan ini.
-Bisa kita lakukan sambil duduk,di mana kita bisa duduk di kursi kantor ,duduk di mobil,atau pun di mana saja. Posisi rileks ,pasrah ,tenang dan hening. Dengan ke dua jari tengah menempel pada tempurung lutut.
-Posisi duduk bersila dengan sedikit membusungkan dada ,dan lakukan tarik tahan lepas nafas seperti yg di jabarkan di atas.

Lakukan tehnik olah nafas ini dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh keyakinan.
Dengan iktiar dan usaha yang serius ,juga di dasari rasa yang kuat untuk memeliki tenaga dalam ,mengembangkan ,ataupun untuk mengobati dan untuk kesehatan,pasti akan membuah kan hasil yang optimal juga tentunya .

Sebelum melakukan olah seni pernafasan tadi sebaik nya kita melakukan beberapa hal terlebih dahulu:
  1. Berdoa mengharap ridho and di berikan keselamatan di saat melakukan olah nafas .
  2. Lakukan sedikit pemanasan ,sederhana saja seperti kita melakukan pemanasan mau melakukan olah raga biasa.dengan menggerakan kaki,tangan,memutar kepala,menggerakan pinggul dan sebagainya.untuk menghindari cidera di saat melakukan olah nafas.
  3. Lakukan olah nafas dari urutan yang penulis jabarkan di atas dengan duduk bersila.
  4. Setelah selesai lakukan pendinginan dengan cara sebagai berikut
-Masih dalam kondisi duduk bersila kita lakukan hening atau meditasi kurang lebih 10menit dengan memejamkan kedua mata.
-pada saat akan membuka mata gosokan kedua telapak tangan sampai berasa panas di kedua belah telapak tangan kita.
-Usap kan ke wajah kepala dan seluruh badan kita


8 komentar:

  1. kalau boleh tau, tekniknya didapat dari perguruan/ sumber dari mana<

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pasti saya belajar dri sumber yg mungkin sudah banyak org yg sudah belajar di sana jg ,untuk tempat saya belajar saya prifasi untuk tidak di anggap sebagai iklan makasih

      Hapus
    2. terlalu rumit dan tdk simple klau mau blajar lebih jauh,,,silakan blajar secara islam

      Hapus
  2. ia klo boleh tau belajar dari perguruan apa itu

    BalasHapus
  3. Thank you bro infonya....bermanfaat banget buat menambah wacana...

    BalasHapus
  4. Saya cukup lama belajar T D ,info ini jangan dianggap iklan / promosi..,saya mengajak yg mau banyak punya kawan dan sehat lahir dan bathinnya ,mari berlatih bersama kami di MDP...( Mustika Daya Prana ) di pegadaian Sidoarjo setiap Selasa malam pkl 07.30 - 09.30.

    BalasHapus
  5. Saya setiap hari melakukan praktek tenaga dalam ini terbukti dan bukan omongan belaka.Hanya tiga syarat saja dalam melakukan praktek tenaga dalam ini pertama tidak ada orang lain melihat, karna ini sangat berbahaya...kedua menyiapkan air bersih......ketiga harus dilakukan di tempat sepi...nah itu saja syaratnya praktek tenaga dalam itu. Maap ya Sob bukannya mau pamer2in ilmu. Sekian dan Terima kasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam knal, sya jg tertarik untuk mempraktekkan olah pernapasan dan tenaga dalam ini, tp maf mas bisa tlong di jelaskan sdikit,bahaya bagaimana klw ad orng yang melihat, trus menyediakan air bersih itu untuk apa? mhon di jawab. thnks

      Hapus